KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS BISNIS SARANG BURUNG WALET

| Jumat, 06 Maret 2015
TUGAS KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
BISNIS SARANG BURUNG WALET







NAMA MAHASISWA : RANI PUSPITASARI
NIM : 14.12.7933
KELAS : S1-SI-03



STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
TAHUN 2015






ABSTRAK
Burung Walet adalah komoditi ekspor paling tinggi. Asal mulanya khasiat sarang burung walet (Collocalia fuciphaga) cukup terkenal di seantero dunia. Sarang burung anggota famili apodiae ini sejak puluhan bahkan mungkin ratusan tahun lalu diyakini punya khasiat dalam memberikan kesegaran dan bahkan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Ada 3 kelompok responden yang diteliti, masyarakat, awam, pengusaha dan ilmuwan, mengatakan bahwa sarang walet punya banyak keampuhan. Antara lain menjaga kesegaran tubuh, meningkatkan vitalitas, obat awet muda, memelihara kecantikan dan menghambat kanker.




ISI
  1. 1      Pengertian

Sarang burung walet adalah sarang yang istimewa sebab sarang tersebut terbuat dari air liur burung walet yang dianggap mempunyai bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu, sarang burung walet juga bisa digunakan untuk membuat sop yang sangat populer di negara China, terutama di Hong Kong. Sebagian besar sarang burung walet yang diekspor dari Indonesia juga di ekspor ke Hong Kong . Sop sarang burung walet telah dikonsumsi oleh orang-orang China selama ribuan tahun.

Seiring dengan meningkatnya perekonomian China, permintaan sarang burung walet juga semakin meningkat. Oleh sebab itu, industri sarang walet di Asia dan terutama di Indonesia juga mengalami dampak kenaikan. Sop sarang burung walet adalah salah satu jenis makanan yang mempunyai tandam kebesaran di China, sehingga banyak peminatnya terutama berasal dari China. Perdagangan sarang walet mulai berkembang di China pada masa dinasti T'ang pada abad 618-907. Pada abad ke-20 pemerintah komunis China melarang masyarakat China untuk memakan makanan yang mahal dan istimewa seperti sop sarang burung walet.

Tetapi pada abad akhir ke-20 pemerintah China menjadi lebih bebas sehingga pemintaan sarang burung walet kembali meningkat. Indonesia adalah negara yang menghasilkan sebagian besar sarang burung walet di dunia. Negara negara lain yang juga menghasilkan sarang burung walet adalah Thailand, Malaysia, Filipina, Vietnam, Burma, Singapura, India dan Srilanka. Semua negara ini terletak di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Di Indonesia sebagian besar sarang burung walet dihasilkan di pulau Jawa dan budidaya dilakukan dengan menggunakan gedung walet. Gedung walet sangat populer di daerah Pasuruan, Gresik, Tuban, Semarang, Pekalongan dan Blora yang semuanya terletak di Jawa Timur


  1. 2      Manfaat

Khasiat Sarang Burung Walet Sarang burung walet dipercaya memiliki khasiat yang luar biasauntuk kesehatan manusia terutama bila dikonsumsi secara teratur bisa membuat awet  muda dan menjaga daya tahan tubuh demikian pendapat sebagian banyak orang. Berdasarkan penelitian orang cina, sarang burung walet memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan manusia yang bisa dikonsumsi wanita maupun pria usia muda maupun usia tua. Sarang burung walet yang berguna adalah air liurnya sehingga sarang burung walet perlu untuk dibersihkan sebelum dikonsumsi.

Khasiat sarang burung walet antara lain sebagai berikut :
1. Menjaga tubuh tetap segar
2. Menjaga daya tahan tubuh sebagai sumber kekuatan
3. Menjaga awet muda
4.Menjaga kehalusan kulit (tetap cantik)
5. Sebagai obat kuat
6. memelihara kecantikan
7. Menghambar kanker
8. Meningkatkan metabolisme tubuh
9. Meningkatkan vitalitas
10. Memperlambat proses penuaan

Adapun cara mengkonsumsi sarang burung walet dapat dikonsumsi dengan membuat Sup Walet bisa juga dibuat Cream walet. Berbagai cara mengkonsumsi tidak mengurangi manfaat dari khasiat sarang burung walet ini.



  1. 3      Persyaratan Lokasi

Lokasi adalah faktor yang sangat penting untuk budidaya sarang walet karena kalau lokasi tidak sesuai maka akan kesulitan untuk mengisi gedung dengan burung walet. Untuk menjadi pemilik yang berhasil dalam budidaya sarang walet harus dipilih lokasi yang cocok dimana sudah ada populasi burung walet atau seriti, supaya dapat memancing burung-burung untuk bersarang dalam gedungnya. Lokasi dimana sudah ada beberapa gedung walet yang berhasil adalah lokasi yang bagus karena tentu ada burung walet di daerah itu.

Wlinggi adalah contoh lokasi yang bagus karena di Wlinggi gedung walet sudah ada sejak tahun 80-an dan karena gedung tersebut sudah berhasil, lebih banyak lagi gedung yang dibuat oleh pengusaha lain. Di samping itu orang-orang akan ikut serta membudidayakan sarang walet karena burung walet atau seriti sudah bersarang di dalam rumah atau di gedung. Kemudian gedung khusus untuk budidaya sarang walet dibuat di samping atau disekeliling tempat yang ada sarang burung waletnya46. Ansari Sofian dari Kawaran, Blitar menyatakan bahwa dia ikut membudidayakan sarang burung walet karena burung seriti bersarang di dalam gudangnya, tetapi dia tidak tahu bahwa sarangnya berharga sampai seorang teman memberitahunya.

Namun demikian, untuk memilih lokasi yang belum ada gedung sarang walet, dapat dilakukan dengan cek lokasi yang memiliki suara walet dan bagus untuk mengecek apakah ada burung seriti atau walet disitu. Cara ini mudah sekali yaitu dengan memakai speaker yang diikatkan pada ujung
bambu dan memutar CD tersebut sehingga burung tertarik pada suara walet. Kalau ada banyak burung yang berputar-putar disekitar speaker, itu artinya bahwa mungkin ini adalah tempat yang bagus untuk budidaya sarang burung walet. Tetapi, karena sulit untuk mengetahui apakah burung tersebut adalah burung walet atau burung yang lain sebelum melihat sarangnya, maka metode ini masih beresiko.



4. Analisis Ekonomi

- Modal :Rp.800.000.000
- Modal Tetap( gedung,perlengkapan) :Rp.14.500.000
- Modal Kerja (biaya pengadaan,biaya kerja) 1x produksi : Rp.678.000
- Sarang burung wallet 1 kg : Rp.14.000.000
- 1 tahun 5x produksi : 4 kg sarang burung wallet

Kesimpulannya, bisnis sarang burung anggota famili apodiae ini sejak puluhan bahkan mungkin ratusan tahun lalu diyakini punya khasiat dalam memberikan kesegaran dan bahkan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Manfaatnya dibarengi dengan harga jual yang lumayan tinggi. Tidak ada salahnya untuk memulai bisnis ini seperti yang saudara saya lakukan di daerah Kalimantan.






REFERENSI :
1.      Hadi Iswanto. 2002. “Walet Budidaya dan aspek bisnisnya‟. Agromedia. p.5 prakarta.
2.      Arief Budiman, 2002 “Menentukan Lokasi Budi Daya Walet”. Penebar Swadaya. pp.60-61









































           


0 komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan jejak..

Next Prev
▲Top▲